Penyebab darah haid sedikit 2 bulan terakhir

SM Info Penanya: SM, Wanita
Dok saya udah 2 bulan ini setiap datang bulan darah nya cuma sedikit banget,dan itu juga cuma 1/2 hari..itu kenapa ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Perdarahan menstruasi normalnya adalah terjadi selama 3-7 hari. Dimana siklus menstruasi sendiri terjadi antara 21 - 35 hari sekali. Penyebab darah menstruasi yang tidak lancar atau berlangsung singkat bisa beragam mulai dari gangguan hormonal, kondisi psikis seperti stres, penggunaan KB, gangguan pada organ reproduksi, gangguan kesehatan lain dan penyebab lainnya.

Untuk melancarkan menstruasi dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Lakukan relaksasi agar pikiran tenang dan tidak stres
  • Rutin berolahraga
  • Mengonsumsi beberapa bahan alami yang mampu melancarkan menstruasi seperti kayu manis, cuka apel, nanas dan jahe, kunyit ataupun makanan yang kaya vitamin D
  • Perhatikan juga kebutuhan istirahat dengan cukup tidur dan cukup beristirahat

Jika menstruasi masih tidak lancar maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari tahu penyebabnya nantinya dapat diberikan penanganan berupa konseling, perubahan gaya hidup ataupun pengobatan baik yang sifatnya hormonal ataupun mengatasi jika ada gangguan kesehatan yang menjadi pemicunya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.