Penyebab dan Perawatan Komedo di Wajah

NH Info Penanya: NH, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya kenapa ya komedo di muka saya susah sekali menghilang kn ny
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NH

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kulit. Bila sudah warna kehitaman menandakan adanya bakteri dan jaringan mati.

Cara mengatasinya adalah dengan menekan produksi minyak, membatasi pertumbuhan bakteri atau meningkatkan pergantian kulit agar pori-pori tidak tersumbat. Karena terapi dapat memberikan efek samping. Sebaiknya konsultasikan langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk penatalaksanaannya. 

Apa yang bisa anda lakukan :

- Sabun dan Air. Bersihkan wajah dengan sabun dan air tidak lebih dari 2x / hari. Tindakan ini tidak menghilangkan jerawat yang sudah ada namun mencegah timbul yang baru. Menggosok (scrub) yang terlalu agresif dapat melukai kulit dan mengakibatkan gangguan kulit lain.

- Pembersih untuk jerawat. Banyak produk yang mengandung zat benzoyl peroksida, asam glikolik, asam salisilat atau sulfur. 

- Jerawat yang sudah matang, bisa diberikan handuk panas selama beberapa menit untuk mengeluarkan isinya secara alami.

Jerawat yang sedang meradang sebaiknya dibuka dengan alat steril dan teknik antiseptik. Bila dipencet sendiri dapat mengakibatkan bertambahnya peradangan dan bekas jerawat permanen.

Semoga penjelasan saya bermanfaat,

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antioksidan adalah sifat molekul yang dapat melawan radikal bebas, atom tak stabil yang dapat memicu penyakit

Apa itu Antioksidan dan Apa Fungsinya untuk Tubuh?

Antioksidan adalah sifat dari senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Antioksidan mempunyai peran untuk melindungi tubuh. Beberapa molekul seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C yang terkandung dalam kelompok makanan seperti susu, telur, kacang, wortel dan lainnya. Memiliki manfaat yang berbeda dan baik untuk tubuh.