Penyebab dan pengobatan ranula

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang dokter, saya ada ranula di sebelah kanan bawah lidah. 3 hari lalu saya ke dokter untuk sedot ranula saya yang bengkak, dari selesai saya ke dokter sampai sekarang ranula saya masih bengkak dan saya demam hampir tidak bisa bicara. saya sudah minum antibiotik yang diberikan tapi kenapa saya masih demam sampe sekarang ya? bagaimana cara mengobati ranula saya? Terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Ranula adalah salah satu gangguan pada rongga mulut yang melibatkan kelenjar saliva mayor terutama glandula sublingual, dimana akan muncul keluhan berupa benjolan yang terasa lunak, berisi cairan, yang semakin lama semakin membesar. Ranula ini sering muncul di dasar mulut dibawah lidah, sehingga benjolan yang sangat besar dapat menyebabkan lidah terangkat ke atas, dan timbul suara seperti katak ketika berbicara, atau sulit bicara.

Kelenjar saliva sendiri dibedakan berdasarkan :
  1. Kelenjar saliva mayor, yang terdiri dari glandula parotis, glandula submandibula, serta glandula sublingual. Penyumbatan pada kelenjar ini akan menimbulkan ranula.
  2. Kelenjar saliva minor. Penyumbatan kelenjar ini akan menimbulkan mucocele, dimana penyumbatan ini bisa disebabkan oleh trauma seperti kebiasaan menggigit bibir atau menggesek-gesekkan bagian bawah lidah pada gigi bawah.

Adanya sumbatan pada kelenjar saiva tersebut akan menyebabkan air liur tidak bisa mengalir keluar dan terbendung di dalam, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan benjolan yang semakin membesar. Benjolan ini bisa pecah dan sembuh sendiri namun terkadang butuh bantuan dokter gigi untuk menanganinya.

Penanganan ranula sendiri berbeda-beda tergantung besar ranula dan lokasinya. Teknik operasinya bermacam-macam seperti eksisi, marsupialisasi, serta dissecting, dokter gigi akan menentukan teknik mana yang akan dipilih setelah memeriksa kondisi benjolan Anda.

Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar bisa segera ditangani agar benjolan tidak semakin membesar.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.