Penyebab dan penanganan sakit perut

YK Info Penanya: YK, Wanita, 22 Tahun
Dok saya ingin tanya, sudah 2 hari ini perut saya melilit banget ditambah mual dan diare.Tapi dihari ke-2 diarenya sudah membaik karna minum diapet, tinggal perutnya melilit banget dan mual saja dok padahal saya gak makan yg aneh2 sampe skrg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Y.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perut melilit merupakan bagian dari sakit perut. Di dalam rongga perut terdapat organ-organ besar: usus kecil & usus besar, ginjal, apendiks/usus buntu, limpa, lambung, kandung empedu, hati, pankreas, rahim, indung telur, kandung kemih.

Penyebab perut melilit bermacam-macam tergantung tingkat keseriusannya. Umumnya penyebab sakit perut adalah:Sementara itu, kondisi berikut ini bisa menjadi penyebab sakit perut:
  • flu perut
  • asam lambung
  • muntah
  • stres

Tapi, untuk memastikan penyebab perut melilit yang Anda rasakan ini, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Pemeriksaan penunjang yang mungkin akan dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium, endoskopi, kolonoskopi dan serangkaian pemeriksaan untuk saluran cerna. Tetapi biasanya tindakan-tindakan tersebut dilakukan tergantung dari kondisi yang Anda alami.

Untuk mengatasi perut melilit dan mual, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan untuk meredakan rasa sakit perut, yaitu: pisang, papaya, jahe, teh herbal, yogurt, nasi putih.

Salam sehat,

dr. Ester

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak manfaat daun sirih bagi kesehatan Anda

5 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat daun sirih untuk kesehatan mulai dari mengatasi diare hingga menyehatkan vagina serta aman dikonsumsi tiap hari, baik sebagai pembungkus makanan maupun air rebusan.