Apa penyebab dan bagaimana penanganan nyeri perut sebelah kiri di bawah?

IL Info Penanya: IL, Wanita, 19 Tahun
Halo dok? Akhir* ini perut bagian bawah kiri sakit banget dok, penyebabnya apa ya ? Untuk penanganan awal gimana ya dok ? Saya takut salah,,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IL, 

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Ada beberapa penyebab nyeri perut kiri bagian bawah:

1. Diverkulitis (Radang Kantung Usus Besar)

Penyakit ini merupakan gangguan peradangan yang menyerang usus besar. Gejala lain yang timbul pada diverkulitis adalah demam, mual, muntah, dan perut terasa lebih lunak.

2. Hernia

Hernia muncul saat organ atau bagian tubuh yang lain, menekan keluar ke dinding perut. Hal ini menyebabkan timbulnya benjolan pada bagian tengah perut, atau di bagian bawah, dekat pangkal paha.

Beberapa gejala hernia lain yang perlu Anda kenali di antaranya adalah rasa nyeri ketika mengangkat beban yang berat, benjolan yang ukurannya terus bertambah, dan kembung.

3. Nyeri Haid (Dismenore)

Bagi Anda para wanita, sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh nyeri haid.

4. Maag

Nyeri yang timbul akibat maag umumnya muncul di perut bagian atas. Namun, sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat menjadi tanda kambuhnya penyakit ini. Gejala maag lain yang mungkin muncul di antaranya, kembung serta rasa panas pada perut.

5. Batu Ginjal

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat timbul karena adanya gangguan pada sistem kemih tubuh. Jika rasa nyeri yang timbul menjalar dari punggung dan turun hingga ke pangkal paha, maka batu ginjal dapat dilihat sebagai kemungkinan penyebabnya.

Selain sakit perut sebelah kiri bawah, gejala batu ginjal lain yang mungkin menyertai adalah nyeri saat buang air kecil, mual atau muntah, terdapat darah pada urine, dan demam.  

6. Gas di Saluran Pencernaan

Saat Anda makan, tidak jarang gas menjadi terjebak di saluran pencernaan, akibat udara yang tidak sengaja ikut tertelan, maupun proses pencernaan alami. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman di perut, hingga gas tersebut keluar melalui sistem pencernaan.

7. Konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit perut sebelah kiri bawah.

Sementara Anda bisa mengompres bagian perut yang sakit dengan kompres hangat. Tapi jika sakit terus timbul bahkan semakin parah, segera pergi ke dokter untuk mencari penyebab utama dari nyeri ini.

Semoga jawaban saya membantu. Semoga lekas sembuh.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut perlu diketahui agar paham kapan harus menghubungi dokter

Kenali Penyebab Sakit Perut agar Dapat Penanganan yang Tepat

Penyebab sakit perut bermacam-macam bentuknya, biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, sembelit, infeksi perut, atau kram saat menstruasi bagi wanita. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti IBS, Crohn, keracunan makanan, alergi makanan, hingga GERD.