Penyebab dan penanganan kerontokan rambut

7R Info Penanya: 7R, Pria, 2019 Tahun
Saya laki laki Umur saya 16 tahun sudah 9 bulan rambut saya rontok apakah normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Beberapa hal dapat menyebabkan kerontokan rambut pada seseorang, antara lain :

  1. Ketombe yang berlebihan akan menimbulkan rasa gatal yang berlebihan dan membuat seseorang ingin menggaruk, garukan ini akan menimbulkan gesekan dan merusak akar rambut, akar rambut yang lemah akan menimbulkan kerontokan rambut.
  2. Stres yang berlebihan akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, dan akan berdampak pada kerontokan rambut.
  3. ketidakseimbangan hormon seperti meningkatnya hormon DHT (Dihydrotestosterone) pada pria pubertas, menurunnya kadar hormon tiroid, kehamilan dapat mengakibatkan kerontokan.
  4. Kurang olahraga dapat menyebabkan nutrisi yang seharusnya diserap oleh akar rambut menjadi tidak lancar.
  5. Kurangnya asupan protein, dimana protein berperan untuk pertumbuhan rambut.
  6. Penggunaan shampoo yang berlebihan, atau menggunakan shampoo yang kandungannya tidak sesuai dengan kondisi rambut.
  7. Penggunaan bahan kimia untuk rambut yang terlalu sering seperti pewarnaan rambut, proses pelurusan atau keriting rambut.
  8. Faktor keturunan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut adalah menerapkan pola hidup sehat seperti makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna, berolahraga secara teratur, cukup istirahat. Selain itu hindari penggunaan shampoo yang berlebihan dan penggunakan bahan kimia yang berlebihan. Cukup melakukan keramas 2-3 hari sekali, karena keramas yang terlalu sering dapat mengurangi kelembaban pada rambut dan memicu ketombe semakin banyak. Gunakan topi atau payung saat aktivitas di luar ruangan saat hari sedang panas terik. Mengurangi stres juga berperan penting untuk mengurangi kerontokan rambut.

Bila sudah menerapkan pola hidup sehat namun rambut yang rontok melebihi 50-100 helai per hari, dan tidak ada pertumbuhan rambut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis kulit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)