Penyebab dan penanganan keluhan mengorok

RA Info Penanya: RA, Pria, 2019 Tahun
Saya mau bertanya kisaran biaya konsul ke dokter tht brapa ?Dan bagaimana Cara menghilangkan ngorok , Karena baru" ini Saya mengalami ngorok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA

Ngorok atau mendengkur adalah adanya ketidaklancaran pada saluran pernapasan sehingga mengakibatkan getaran pada saluran napas bagian atas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mendengkur, antara lain :

1. Obesitas atau kelebihan berat badan, hal ini disebabkan kelebihan lemak akan disimpan sebagian di dasar lidah, hal ini akan menyebabkan leher menjadi lebih besar dan menyumbat saluran pernapasan.

2. Tidur terlentang, dimana otot lidah akan jatuh ke belakang dan menutup tenggorokan, sehingga aliran udara pada saluran pernapasan menjadi tidak lancar dan muncul getaran berupa dengkuran.

3. Sleep apnea, kondisi dimana otot otot tenggorokan menjadi sangat lemah saat seseorang relaks seperti ketika sedang tidur, dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi tersumbat. Sleep apnea seringkali disertai keluhan seperti seringkali mendadak terbangun saat tidur dengan kondisi napas terengah-engah.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan mendengkur adalah dengan menjaga berat badan seideal mungkin, melakukan olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi alkohol, menghindari posisi tidur terlentang.

Bila keluhan mendengkur semakin memberat atau muncul keluhan lain seperti daya konsentrasi menurun, sering terasa lelah di pagi hari meskipun sudah cukup istirahat, seringkali terbangun di malam hari dengan kondisi napas yang terengah-engah, maka segera periksakan diri ke dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Salam sehat,

dr.Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk kering terus-menerus harus cepat ditangani karena bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit serius

Hati-hati! Batuk Kering Terus-Menerus Tanda Penyakit Serius

Batuk kering terus menerus tidak boleh diremehkan karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru, GERD, hingga infeksi saluran pernapasan atas.