Penyebab dan cara mencegah premenstrual sindrom

MH Info Penanya: MH, Wanita, 2019 Tahun
Dok, saya mau tanya, kenapa nyeri haid saya terasa sakit sekali disertai mual muntah? Apa penyebabnya serta solusi bagaimana biar ga spt itu di bulan berikutnya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MH.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan adalah premenstrual sindrom (PMS), suatu keadaan dimana sejumlah gejala terjadi secara rutin dan berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS ditandai dengan gejala ketidaknyamanan perut, sakit kepala, nyeri, cepat marah dan stres. Penyebab pastinya belum diketahui namun beberapa peneliti mempercayai PMS terjadi akibat perubahan hormon. Faktor yang mempengaruhi PMS antara lain dari faktor keluarga dan faktor psikologis, contohnya depresi.

Gejala PMS yang paling umum adalah suasana hati yang labil, mudah marah, nafsu makan menigkat, pelupa, sulit berkonsentrasi, mudah menangis, haus, jerawat, gangguan pencernaan, muka merah, jantung berdebar, pusing dan edema ekstremitas bawah. 

Terkait dengan keluhan anda, harus dipastikan apakah keluhan yang anda rasakan merupakan premenstrual sindrome atau ada penyebab lain. Sebaiknya anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

  • Perbanyak minum air putih
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, kurangi garam, gula, caffeine dan alkohol
  • Istirahat yang cukup
  • Minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol
  • Kompres air hangat untuk mengurangi nyeri

Karena penyebab pastinya belum diketahui dan kemungkinan karena perubahan hormon, maka belum ada cara yang efektif untuk mencegah terjadinya PMS.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.