Penyebab dan cara alami mengobati mata minus

LK Info Penanya: LK
gimana caranya mengobati mata minus dokter? anak saya baru umur 14 tahun sudah pakai kacamata karna minusnya besar. apa bisa mata minus itu karna keturunan? terima kasih dokter infonya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata minus dikenal dengan istilah rabun jauh atau miopi. Kondisi ini merupakan suatu gangguan pada mata dimana mata tidak mampu melihat benda yang letaknya jauh akibat objek tersebut tidak jatuh tepat pada retina. Seiring berjalannya waktu, mata minus akan terus berkembang. Penyebab dari mata minus itu sendiri yaitu kondisi bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang melengkung.

Pada anak-anak, ada terapi mata minus yang bisa dilakukan di rumah dan efektif untuk menghambat perkembangan dari kondisi ini. Berikut terapi yang bisa dilakukan:

  • Memberi jeda saat membaca atau menonton sehingga tidak membuat mata menjadi lelah.
  • Tidak sering berada di ruangan yang minim pencahayaan.
  • Memperbanyak aktivitas di luar ruangan.
  • Konsumsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
  • Mengurangi pemakaian gadget.

Sampai sejauh ini, belum ada cara alami atau obat buat menurunkan atau mengobati mata minus, kecuali dengan tindakan. Tindakan yang bisa dilakukan untuk mengobati mata minus yaitu dengan pemakaian kacamata minus, bedah implant lensa, LASIK (Laser-assisted in situ keratomileusis), PRK (Photorefractive keratectomy), lensa kontak, orthokeratology, dan salep atropine. Untuk itu, sebaiknya Anda membawa anak Anda untuk periksa ke dokter mata agar dapat ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kacamata anti radiasi dipercaya dapat menangkal radiasi sinar biru dari layar gawai

Memahami Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya untuk Mata

Risiko radiasi sinar biru dari penggunaan gadget, seperti halnya komputer, laptop, atau smartphone, dapat membuat mata mengalami berbagai masalah. Namun, kacamata anti radiasi hadir untuk meminimalisir radiasi tersebut. Benarkah kacamata anti radiasi efektif tangkal radiasi?