Penyebab daging tumbuh di anus

DA Info Penanya: DA
Dok nama saya sari umur 24 tahun 3 minggu lalu saya sering susah BAB kemudian setiap BAB sakit dan harus mengedan. Setelah BAB seperti terasa luka n perih di anus terus ada daging tumbuh kecil. Daging kecil tidak sakit n tidak nyeri sama sekali. Sekarang saya rajin makan buah pepaya BAB saya sudah lancar n tidak sakit tapi daging kecil yg tumbuh di anus tidak kunjung hilang. Bisa kan daging tumbuh yang di anus itu hilang dok ? Berapa lama waktu yang di perlukan dan obat apa yang harus saya konsumsi ? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DA.

Untuk mengobati suatu penyakit terlebih dahulu dipastikan diagnosis dari penyakit tersebut, agar pengobatannya tepat. Kemungkinan penyebab daging tumbuh pada anus yang anda rasakan antara lain :

- Hemorroid/ambeien

- Abses perianal

- Hematom perianal

Untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi. Terapi dan berapa lama penyembuhannya tergantung diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan dokter secara langsung.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang usus besar dapat berpotensi menjadi kanker kolorektal

Segera Tangani Radang Usus Besar Sebelum Menjadi Kanker Kolorektal!

Radang usus besar dapat meningkatkan risiko mengalami kanker kolorektal. Oleh karenanya, ketahui gejala radang usus besar dan lakukan pemeriksaan rutin.