Penyebab biduran dan obatnya yang ampuh

ZA Info Penanya: ZA, Pria, 36 Tahun
anak saya kena penyakit seperti biduran sudah 7 hari, sudah 2 dokter di kasih obat anti biotik.... pertanyaannya otu biduran apa penyakit lain dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZA,

Biduran adalah gangguan pada kulit yang disertai ruam dan rasa gatal yang bisa timbul karena beragam hal seperti reaksi alergi akibat paparan alergen seperti makanan, uadara dingin, obat, bahan tertentu, debu, bulu hewan, gigitan serangga, keringat, kondisi psikologis dan penyebab lainnya.

Jika keluhan biduran timbul berhari-hari maka perlu diperhatikan apa yang menjadi pemicunya karena jika masih terpapar dengan pemicunya maka keluhan akan tetap hilang timbul. Selain itu juga perlu pemeriksaan lebih lanjut karena biduran juga bisa dipicu oleh kondisi penyakit tertentu jadi selama penyakit tersebut belum diatasi maka keluhan bisa tetap muncul.

Biduran sendiri memicu tubuh melepaskan zat histamin yang menimbulkan rasa gatal, kemerahan, bengkak dan rasa tidak nyaman sehingga penanganan yang diberikan adalah obat antihistamin ataupun obat kortikosteroid yang diresepskan dokter untuk mengatasi apabila terjadi peradangan kulit. Untuk itu periksakan kondisi anak Anda pada dokter kulit untuk memastikan penyebabnya. Berikan juga lotion calamine untuk mengurangi rasa gatal dan upayakan anak tetap berada di lingkungan berudara sejuk agar tidak memicu gatal berlebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya bulu kucing sebenarnya bukan toksoplasmosis, melainkan alergi dan kutu

Mitos dan Fakta Bahaya Bulu Kucing yang Perlu Diluruskan

Meski tidak menyebabkan toksoplasmosis, bahaya bulu kucing tidak bisa disepelekan karena tetap dapat menimbulkan alergi hingga penyakit yang berhubungan dengan kutu.