Penyebab Bersin Berlebih

DA Info Penanya: DA, Wanita, 24 Tahun
Dear Dokter,Saya mau tanya tentang penyakit yang gejalanya adalah setiap hari bersin berlebihan 2 sampai 5 kali dalam sekali dan frekuensinya juga sering. Kadang mengeluarkan cairan bening dari hidung. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DA,

Bersin sebenarnya merupakan salah satu mekanisme normal tubuh untuk membersihkan aliran udara dalam hidung dan mulut. Bersin terjadi akibat rangsangan pada syaraf di hidung dan diteruskan ke otak sehingga timbul refleks bersin. Bersin dapat dipicu oleh hal-hal seperti :

  • Pilek, karena banyaknya produksi lendir dalam hidung yang harus dikelurkan
  • Alergi, karena terangsangnya syaraf di hidung akibat debu, udara dingin, sinar matahari  dan makanan pedas atau makanan dengan bumbu merangsang lain
  • Kegiatan yang merangsang syaraf seperti berolahraga, mencabut bulu hidung dan melakukan hubungan seks

Sangat mungkin bersin-bersin pada Ibu disebabkan karena alergi. Pencetus alergi terbanyak adalah akibat udara dingin dan debu.

Reaksi alergi sifatnya individual, artinya suatu zat dapat saja tidak menimbulkan gangguan kepada seseorang, namun zat tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang lain. Contohnya Kebanyakan orang akan baik-baik saja bila udara dingin, namun berbeda dengan yang Ibu alami.

Pengobatan oleh Dokter akan diberikan bila reaksi alergi sangat mengganggu dan menghambat aktifitas serta membahayakan jiwa pasien. Pencegahan yang terpenting adalah untuk selalu menghindari alergan yaitu dengan cara :

  • Hindari debu dengan memakai masker, bersihkan rumah, ganti seprei dan gorden secara teratur
  • Pakai pakaian hangat bila udara dingin
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan minum suplemen vitamin C 500mg sehari, setiap hari.

Untuk konsultasi lebih lanjut, Ibu dapat menghubungi Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (SpTHT).

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersin dan hidung gatal merupakan salah satu gejala rhinitis alergi

Mengulik Kasus Rhinitis Alergi Ekstrem di Dunia

Kasus rhinitis alergi bisa jadi sangat ekstrem pada beberapa orang. Ketika kambuh, mereka bisa sulit bernapas hingga merasakan komplikasi.