Penyebab benjolan pada leher

A Info Penanya: A, Pria, 21 Tahun
"Sore Dokter,Di bawah rahang antara dagu dan leher saya ada benjolan yang di diagnosa dokter bedah sebagai sejenis kista pada bulan Mei lalu dan disarankan untuk diangkat lewat operasi untuk diteliti lg apakah hanya kista biasa atau TBC tapi tertunda karena belum memiliki uang yang cukup. Dahulu terus membesar perlahan sekarang entah mengapa mulai mengecil dari pertengahan Juni, tapi masih ada. Saya bingung, Apakah bisa hilang dengan sendirinya dan tidak perlu operasi? Benarkan ini kista? Apa penyebabnya? Sampai sekarang saya masih belum tahu tentang alasannya. Tolong pencerahannya dok. Terima Kasih, Dok."
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Benjolan yang terdapat di sekitar dagu dan leher pada sisi samping bisa karena suatu pembesaran kelenjar getah bening yang bisa diakibatkan oleh infeksi kronik seperti Tuberkulosis, jika pada leher bagian tengah bisa karena pembesaran kelenjar tiroid seperti struma (penyakit gondok).

Dengan hanya mengetahui adanya benjolan tanpa melakukan suatu pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang, tidak dapat di pastikan penyebab dari keluhan anda. Diagnosis dari keluhan anda butuh tanya jawab mengenai keluhan anda, keluhan tambahan selain adanya benjolan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium. Jika dokter bedah anda mempertimbangkan untuk dilakukan suatu tindakan operasi, karena merupakan suatu indikasi untuk mengetahui penyebab dari benjolan tesebut. Sehingga terapi yang diberikan sesuai dengan penyebabnya.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.