Penyebab benjolan di sekitar kemaluan

AS Info Penanya: AS, Pria
" Pagi dok, saya seorang laki laki, saya ingin bertanya, ada 1 benjolan di sebelah kanan dekat kemaluan saya, sudah agak lama sekitar 4-6 bulan seingat saya, awalnya kecil dan terasa didalam kulit seperti ada bulatan sebesar sebuah kacang tanah, dan sekarang sudah semakin parah, sekarang menjadi seperti sebuah bisul tapi saya tidak begitu yakin itu bisul, kemarin sudah saya tekan dan keluar nanah, pagi ini saya mandi dan saya temukan seperti darah yang sudah mengental di tengah benjolan tsb, seperti nanah pada bisul, saya mencoba menarik darah yang mengental tsb akan tetapi tidak bisa ditarik rasanya sakit saat ditarik, karena sudah mulai panjang darah yg mengental tsb karena saya tarik, saya gunting dengan jepitan kuku, dan sekarang keluar darah. ini benjolan apa ya pak dokter ? penyakit bisul atau yang lain ? dan bagaimana proses pengobatannya karena benjolan ini tidak kunjung mengempes/membaik. terima kasih yang sebesar besarnya kepada dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS.

Benjolan yang anda keluhkan, kemungkinan penyebabnya antara lain :

- Abses

- Infeksi kelenjar getah bening

- Kista

- Infeksi bakteri lainnya

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan keriput yang belum pada waktunya bisa jadi terjadi karena tangan terpapar sinar UV

Bagaimana Agar Tangan Tidak Keriput? Kenali Pemicu dan Pencegahanya!

Tangan adalah bagian tubuh yang rentan kehilangan kelembapannya. Seiring dengan penuaan, elastisitas kulit berkurang dan menyebabkan tangan keriput. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memberikan tabir surya atau sunscreen agar kelembapan kulit dan kolagen kulit terjaga.