Penyebab benjolan di belakang telinga

DM Info Penanya: DM, Pria, 21 Tahun
saya ada benjolan di belakang telinga kanan dok, sudah 2 bulan kok tidak hilang ya? saya khawatir apakah ini penyakit berbahaya? anehnya tidak hilang karena saya pikir cuma jerawat aja awalnya bentol merah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Benjolan di belakang telinga merupakan keluhan yang cukup banyak dikeluhkan pada praktek dokter. Walaupun lebih sering dialami oleh anak-anak, namun keluhan ini dapat dialami juga oleh semua usia dan penyebabnya dapat beragam. Mulai dari gangguan yang ringan maupun yang lebih serius.

Berikut beberapa penyebab benjolan di belakang telinga, diantaranya adalah :

Terkait dengan keluhan Anda, penyebab dari benjolan di telinga Anda mungkin berupa pembesaran kelenjar getah bening, lipoma (benjolan yang berasa dari kelenjar lemak) atau beberapa faktor penyebab lainnya yang mungkin dapat menetap dalam waktu berbulan-bulan atau lebih. Namun hal ini perlu dipastikan kembali dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

Apabila benjolan pada telinga belakang yang terjadi pada Anda dikarenakan adanya pembesaran kelenjar getah bening, pengobatannya mengacu pada kondisi medis yang mendasari. Salah satunya adalah infeksi bakteri. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut dan apabila telah tertangani, benjolan tersebut akan berangsur mengecil hingga menghilang dengan sendirinya.

Untuk penyebab lainnya secara spesifik akan dilakukan tindakan sesuai dengan kelainan yang dialami. Pada jenis benjolan dengan penyebab lainnya, mungkin membutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya seperti pada benjolan lipoma.

Jika benjolan disertai nyeri ringan, sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek yaitu paracetamol. Namun, apabila nyeri yang dirasakan semakin memberat disertai pembesaran ukuran yang signifikan, segeralah memeriksakan diri Anda untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.