18 Sep 2021, 14:14Penyakit Lainnya

Penyebab bayi tarik rambut sendiri

S
Info Penanya: S0
Dokter, sudah beberapa hari ini, anak saya sering sekali menarik narik rambutnya sendiri. Bahkan sampai ada yang rontok. Apakah bayi tarik rambut sendiri merupakan kondisi yang wajar? Bagaimana cara menangani bayi yang suka menarik narik rambutnya sendiri?
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, S.Pernahkah anda melihat anak suka memegangi rambut atau kepalanya? Hal ini tentunya tindakan yang wajar. Namun, bila sampai menjambak atau menarik rambut sendiri, sering dilakukan dan menimbulkan kerontokan rambut tentunya membuat orang tua khawatir. Mari kita bahas lebih lanjut apa yang menyebabkan anak menarik rambutnya sendiri.Penyebab anak menarik rambut :
  • Menandakan anak yang sedang dilanda stress. Ternyata tidak hanya orang dewasa tetapi anak pun dapat mengalami stress dikarenakan anak masih tidak dapat mengontrol emosinya.
  • Rasa lelah. Bila anak sedang kelelahan secara fisik biasanya mereka refleks menyentuh area kepalanya terutama rambut, biasanya anak akan rewel.
  • Sedang berpikir atau mencari ide
  • Anak sedang merasa kesal. Karena kebanyakan anak belum bisa mengutarakan perasaannya maka pelampiasan yang ditunjukan adalah dengan menarik rambut bahkan tidak jarang memukul kepala.
  • Adanya kelainan psikologis. Penyakit ini disebut trikotilomania, menimbulkan pitak pada area kepala.
Bila kita sudah memahami benar penyebabnya, maka kita dapat mendeteksi mengapa anak suka menarik rambut sendiri. Hal yang dapat dilakukan cukup sederhana, yaitu selalu mengawasi anak bila sedang menarik rambut. Tahan atau tarik tangan anak secara perlahan bila akan menarik rambut. Tidak usah ragu mencari pertolongan kepada dokter spesialis anak atau dokter spesialis jiwa bila masalah tidak teratasi. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
rambut rontokkesehatan anakkesehatan rambut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil