Penyebab batuk beriiringan dahak dan darah

ES Info Penanya: ES, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya penyebab saya batuk beriiringi dahak dan darah apa sebab nya ya,, dan penyakit apa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore  ES

Batuk disertai dahak dan darah disebut haemoptoe, paling sering terjadi pada kondisi infeksi tuberkulosis paru. Gejala batuk berdahak darah ini terjadi akibat peradangan paru yang disebabkan kuman Microbacterium tuberkulosis yang terhirup saluran pernafasan. 

Keluhan lain yang juga sering dirasakan adalah badan semakin kurus, hilang nafsu makan, batuk lebih dari 2 minggu, demam, keringatan, serta sesak nafas.

Saya sarankan agar anda menghindari asap rokok, perbanyak minum air dan makanan tinggi protein seperti susu, daging, telur. Anda juga harus istirahat, jika batuk harus menutup mulut dan menggunakan masker, apalabila batuk mengeluarkan dahak maka harus di buang ke saluran air yang mengalir atau terpapar sinar matahari. Rumah anda juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan terkena paparan matahari. 

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis paru untuk tatalaksana lanjutan batuk darah anda. Anda perlu menjalani pemeriksaan dahak sputum BTA untuk menemukan adanya bakteri MTB, selanjutya jika positif menderita TBC maka harus meminum obat selama 6 bulan atau atas intruksi dokter spesialis Paru. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkiektasis dapat menimbulkan penumpukan lendir dan membuat saluran udara tersumbat

Mengenal Bronkiektasis dan Penyebab Batuk Berdahak Lainnya

Bronkiektasis terjadi ketika dinding saluran udara (bronkus) rusak, menebal, dan melebar akibat peradangan kronis atau infeksi sehingga mengakibatkan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak jangka panjang. Selain itu, terdapat penyebab batuk berdahak lainnya seperti, asma, bronkitis kronis,dll.