Penyebab batuk berdahak pada balita

EC Info Penanya: EC, Wanita, 34 Tahun
Hi anak saya usia 15 bulan batuk berdahak sudah seminggu tp jarang2 bsa beberapa jm sekali . Sudah minum kencur dan madu dan vitamin. Obat apa yg baik untuk balita ? Apa saya perlu cek ke dr? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyebab batuk berdahak pada balita biasanya disebabkan oleh:
  • Virus flu. Ini paling sering menyerang pada balita. Untuk mengatasinya bisa dengan cara diberikan ASI secara rutin, menggunakan humidifier, dan mengajak anak Anda untuk banyak beristirahat.
  • Asma. Biasanya menyerang anak usia di atas 2 tahun, kecuali jika ada keturunan asma dalam keluarga. Maka tidak menutup kemungkinan untuk menyerang anak dibawah 2 tahun.
  • Batuk rejan. Infeksi bakteri yang menyerang paru-paru dan saluran nafas sehingga menyebabkan batuk hebat dan terus menerus dan biasanya disertai dengan gejala pilek, bersin, demam.
  • Menghirup sesuatu. Menghirup asap rokok, udara yang kotor, bahan kimia, bulu binatang, dll bisa menyebabkan batuk berdahak pada anak. Selain itu, bisa juga menyebabkan batuk yang berlebih disertai dengan sesak nafas dan kulit pucat.
  • Bronkiolitis. Penyakit pada anak yang menyebabkan batuk berdahak. Ini sebabkan karena respiratory syncytial virus(RSV).
  • Pneumonia. Infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Biasanya penyakit ini menimbulkan gejala batuk berdahak.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh pada anak Anda, saya sarankan untuk anda membawa anak Anda ke dokter anak agar dapat diperiksa lebih lanjut sehingga memperoleh pengobatan yang tepat.

Untuk mengatasi gejalanya, selain madu, kencur, dan vitamin, Anda dapat memberikan jahe, air hangat, dan daun asam. Bisa juga dengan memberikan banyak ASI pada anak Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gizi buruk pada anak dapat dikenali dari status gizi pada anak

Cegah dan Pahami Gizi Buruk dengan Mengenal Status Gizi pada Anak

Potensi gizi buruk pada anak dapat dikenali melalu status gizi mereka. Dalam hal ini, status gizi dapat mengukur ketidakseimbangan gizi pada anak. Anda sebagai orang tua harus mengetahui tiga indikator yang digunakan untuk memantau gizi anak, yaitu berat badan menurut umur, tinggi badan menurut umur, dan berat badan menurut tinggi badan. Dengan mengetahui status gizi anak, Anda dapat melihat pertumbuhan dan perkembangan anak.