Penyebab batu empedu dan pengobatannya.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter saya divonis terkena gangguan fungsi empedu dan ada batu empedu kurang lebih ukurannya 1,4 cm dan saya bingung apa sih sebenarnya penyebabnya, dok? Lalu bagaimana dengan penanganan selanjutnya apakah harus melalui operasi? apakah ada obat alami dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Penyakit batu empedu merupakan penyakit dimana ditemukan adanya batu pada kantung empedu. Kelainan ini sering menimbulkan gejala berupa mual, muntah, nyeri perut kanan atas yang kadang dirasakan tembus hingga ke punggung, dan dirasakan hilang timbul, namun bila sudah meradang akan menimbulkan keluhan nyeri yang dirasakan terus menerus.

Banyak faktor risiko yang menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan mengalami batu empedu seperti jenis kelamin wanita, usia di atas 40 tahun, suka makan makanan berlemak, jarang berolahraga, kegemukan, penurunan berat badan yang terjadi secara ekstrem.

Penanganan terhadap batu empedu sendiri tergantung dari ukuran batu dan jumlah batu, bila ukuran batu masih dibawah 1,5 cm masih dapat dicoba dengan menggunakan obat-obatan pemecah batu dan minum banyak air putih, serta menghindari makanan berlemak.

Anda juga bisa mencoba mengonsumsi bahan-bahan alami berikut ini :
  1. Jus apel yang sudah diberi campuran 1 sendok makan cuka apel.
  2. Jus lemon yang sudah dicampur dengan minyak zaitun.
  3. Jus pir yang sudah diberi tambahan madu 1 sendok makan.
  4. Minum teh peppermint secara teratur setiap hari.

Namun bila tidak ada perbaikan, atau ditemukan batu dengan ukuran besar dan berjumlah banyak, maka seringkali akan dilakukan tindakan operasi. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter bedah untuk penanganan yang tepat sesuai dengan hasil USG Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menurunkan trigliserida secara alami adalah menjalani pola makan sehat

9 Cara Aman Menurunkan Trigliserida dalam Darah

Kadar trigliserida atau lemak dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Beberapa cara alami untuk menurunkan trigliserida, antara lain mengurangi konsumsi gula dan perbanyak makan serat.