Penyebab BAB darah, Apakah penyakit lambung dan wasir berhubungan?

I Info Penanya: I, Pria, 31 Tahun
Selamat malam dokter,,saya penderita asam lambung dan juga wasir,setiap kali bab pasti di barengi dengan keluarnya darah encer berwarna merah,saya mau tanya apakah lambung saya sudah stadium akut kalo iya saya minta sarannya terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I. 

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Lambung adalah salah satu organ di sistem pencernaan. Namun, sistim pencernaan terdiri dari banyak organ, dan gangguan dari setiap organ tersebut dapat menyebabkan tanda dan gejala yang berbeda. Tanda dan gejala yang biasa terjadi pada penyakit lambung antara lain nyeri perut ulu hati, nyeri dada yang terasa panas, mual, muntah, perut kembung, dan pada kasus penyakit lambung yang parah dapat disertai muntah kehitaman dan BAB hitam. BAB darah segar cenderung berasal dari saluran cerna bawah lain seperti usus halus, usus besar, dan anus. 

BAB darah atau dalam bahasa medis disebut hematochezia adalah keluarnya darah segar dari anus. BAB darah dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti adanya luka di saluran cerna bawah, terjadi pecah pembuluh darah di saluran cerna bawah, adanya peradangan di usus, dan lain lain. 

Wasir dalam bahasa medis disebut dengan hemoroid. Hemoroid terjadi karena membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus dan rektum bagian bawah, mirip dengan varises. Pembuluh darah tersebut cenderung rapuh dan dapat mengalami iritasi atau pecah saat bergesekan dengan kotoran atau feses yang keras. Biasanya hemoroid disebabkan karena pola BAB yang tidak teratur, BAB dengan kotoran keras, dan kurang nya asupan cairan.  

Hemoroid dapat tidak menimbulkan gejala terutama pada stadium awal, namun biasanya gejala yamg timbul berupa benjolan di anus yang bisa terasa nyeri, gatal, dan kadang menyebabkan BAB berlendir atau berdarah dengan darah merah terang.

Terdapat dua jenis hemoroid yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal. 

Selain karena hemoroid, BAB darah juga bisa disebabkan karena hal lain diantaranya :

  • Peradangan di usus 

Penyakit peradangan usus besar seperti colitis dapat menyebabkan terjadinya BAB darah yang encer dan nyeri perut hebat

Peradangan usus besar juga dapat disebabkan oleh karena infeksi pada usus besar oleh bakteri, atau amuba. Gejalanya timbul diare disertai darah, dan mual muntah. Kadang diare dapat menyebabkan dehidrasi. 

  • Penyakit liver

Gagal hati atau dalam bahasa medis disebut sirosis liver adalah penyakit kompleks yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada saluran pencernaan. Pembuluh darah di dalam usus dapat pecah akibat peningkatan tekanan darah ini dan menyebabkan gejala seperti BAB darah dan muntah darah.

  • Tumor atau keganasan

Untuk memastikan penyebab BAB darah sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar dapat diwawancara lebih dalam dan dilakukan pemeriksaan langsung. Biasanya dokter memerlukan pemeriksaan visual dan bila perlu dilakukan rectal touche atau colonoskopi. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka dokter bisa memberikan penanganan yang tepat bagi Anda. 

Untuk meringankan keluhan Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Perbanyak air putih 2-3 liter/hari
  2. Perbanyak Makanan berserat seperti buah dan sayur agar BAB lancar dan tidak keras
  3. Perbanyak makanan mengandung zat besi seperti bayam, daging merah, hati. 
  4. Biasakan makan di tempat bersih
  5. Jangan menahan BAB dan jangan mengejan saat BAB
  6. Jaga kebersihan dengan biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. 
  7. Olahraga teratur
  8. Hindari stress
  9. Apabila Anda mengalami nyeri yang tidak tertahankan Anda dapat mengonsumsi parasetamol sebagai pereda nyeri.

Apabila Anda mengalami kondisi seperti

  • BAB darah semakin banyak disertai gejala lemas, pusing, atau pingsan
  • BAB darah disertai nyeri perut hebat
  • BAB darah disertai muntah darah
  • BAB darah disertai perut yang semakin membesar. 

Disarankan agar dapat memeriksakan diri segera ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare termasuk penyakit yang harus diantisipasi selama musim hujan dan banjir.

Waspada! Ini 5 Penyakit Saat Banjir yang Mengintai Anda dan Keluarga

Selain menghambat aktivitas, banjir juga bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari infeksi kulit, diare, hingga hepatitis.