Penyebab atau faktor yang menghambat terlambatnya datang bulan?

LO Info Penanya: LO, Wanita, 21 Tahun
Penyebab atau faktor apa saja yang bisa menghambat terlambatnya datang bulan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LO

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebab terlambatnya datang bulan cukup banyak faktor yang berperan. Tapi kuncinya ada di keseimbangan hormon sehingga menghambat atau mempercepat menstruasi. Hormon bisa terganggu bila ada masalah di organ kandungan itu sendiri seperti gangguan polikistik di indung telur (PCOS) atau endometriosis. Kemudian faktor lain yang ikut berperan dalam produksi hormon adalah asupan gizi anda, bila terjadi perubahan berat badan yang signifikan misalnya semakin gemuk atau kurus bisa mengakibatkan gangguan haid.

Aktivitas fisik juga berperan, olahraga berat atau aktivitas terlalu intens bisa mengganggu menstruasi. Serta faktor paling sering yang mempengaruhi hormon adalah psikis. Misalnya emosi berlebihan, sedang banyak pikiran atau mengalami banyak tekanan di lingkungan rumah, pendidikan atau tempat kerja.

Bagaimana cara mengatasinya, kurangi stres dan jalani pola hidup sehat yaitu menjaga berat badan ideal, olahraga sewajarnya, kurangi asupan kafein atau nikotin. Dan jangan lupa tidur minimal 4-6 jam agar tubuh anda tidak terlalu letih.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NM
17 Jan 2020, 16:50
Jual Obat Aborsi Obat Penggugur Kandungan Obat Pelancar Haid Obat Telat Bulan Obat Cytotecinfo pemesanan: 0882-3800-6636 (respon cepat hubungi lewat WhatsApp)https://api.whatsapp.com/send?phone=6288238006636https://id.priceprice.com/sellers/Obat-Aborsi-0882-3800-6636-2278https://obat-aborsi-cytotec-asli.blogspot.com/?m=1

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ginekomastia adalah kondisi membesarnya payudara pada pria yang dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu

Ginekomastia Adalah Kondisi yang Dialami Semua Pria?

Ginekomastia adalah kondisi membesarnya payudara pada pria. Beberapa faktor risiko yang memicu perkembangan ginekomastia, antara lain penggunaan narkotika dan penggunaan obat tertentu.