29 Jul 2021, 19:04Pernapasan

Penyebab asfiksi adalah

N
Info Penanya: N, Wanita, 28 Tahun
Dok, asfiksi temasuk penyakit yang berbahaya jika tidak diobati. Bagaimana cara mengatasinya?
654 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Asfiksia merupakan salah satu keadaan dimana kadar oksigen didalam tubuh berkurang. Keadaan ini merupakan salah satu keadaan gawat darurat sehingga membutuhkan penanganan medis segera. Karena jika tidak di tangani dapat menyebabkan gangguan kesadaran bahkan kematian.

Beberapa penyebab terjaidnya asfiksia :

  • Kemasukan benda asing, tersedak atau tercekik
    Saat makanan atau benda asing masuk dan tersangkut di saluran nafas, hal ini dapat menyebabkan asfiksia. Hal ini sering terjadi pada bayi atau anak di bawah usia 5 tahun namun pada orang dewasa juga bisa terjadi. Jika Anda tidak sengaja maupun sengaja menahan leher, percobaan bunuh diri dapat menyebabkan saluran pernafasan tertutup sehingga menyebabkan asfiksia.
  • Penggunaan zat kimia tertentu
    Asap dari limbah atau pembakaran sampah dapat mengandung racun sehingga jika terhirup terlalu banyak dapat menyebabkan oksigen terhambat di dalam tubuh.
Sehingga jika mengalami keluhan asfiksia sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit jika tidak bisa ditangani segera di rumah. Agar terhindari dari kejadian yang tidak di inginkan dan segera mendapatkan pertolongan segera. Selalu jaga kesehatan Anda dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam/jari, hindari rokok dan alkohol.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
infeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasansesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil