Penyebab ari-ari lengket dan hancur?

AE Info Penanya: AE, Wanita
Apa penyebabnya ari- ari lengket dan hancur ya dokter, apa yg harus dihindari saat hamil??!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AEM

Ari-ari atau plasenta adalah penghubung ibu dengan janin. Sebagai tempat darah mengalir dan memberikan nutrisi pada janin. Sehingga lepasnya placenta adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya untuk janin. Dalam bahasa medis disebut solusio placenta.

Penyebab utamanya belum diketahui, namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan faktor resiko kejadiannya seperti hipertensi pada kehamilan, benturan pada perut ibu hamil, merokok, alkohol, narkotika, tali pusat yang pendek, ketuban pecah dini, mioma di rahim, kehamilan pada ibu usia >35 tahun atau <20 tahun.

Jadi anda harus menjaga kondisi tubuh anda dan kehamilan anda, lakukan pemeriksaan kandungan secara teratur. Serta menjalani hidup yang sehat, makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Anda dapat juga konsultasi langsung dengan Dokter Kandungan anda bila ada kekhawatiran tertentu.

Kenali Letak Plasenta Normal agar Tak Hadapi Komplikasi Persalinan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan

Amankah Menyusui saat Hamil? Ini Penjelasannya

Hamil lagi setelah melahirkan dapat terjadi pada sebagian orang. Kondisi di mana ibu hamil perlu menyusui bayinya yang masih kecil pun kerap ditemui. Di sisi lain, keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan.