Penyebab anak usia lima belas bulan belum berjalan tapi sering ngesot

A Info Penanya: A, Wanita, 30 Tahun
Malam Dokter, anak perempuan saya udah umur 15 bulan jalan 16 bulan tapi saat ini belum bisa jalan. Namun kalau berbicara sudah banyak kemajuannya. Bentuk kaki juga normal lincah, tapi belum mau berdiri apalagi rambatan, jika dicoba diber-dirikan untuk dititah kakinya malah menekuk dan malas untuk berdiri, dan ngesot jalannya. Apakah sebenarnya masalahnya ya, Dok? Apa perlu terapi pijat atau bagaimana? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Ibu Ar,

Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak adalah berbeda dan unik, sebagai orang tua kita wajib mendukung dan membantu dalam setiap tahap perkembangan dan pertumbuhan anak. Secara teori dikatakan usia maksimal untuk dapat berjalan adalah 18 bulan, namun tetap saja diperhatikan bahwa teori ini  adalah patokan umum dari angka statistik dan bukan harga mati, karena perkembangan berjalan bersifat individual.

Wajib memperhatikan perkembangan yang lain seperti perkembangan bicara, berbahasa dan pertumbuhan. Bila yang lainnya berjalan normal saja maka Ibu tidak perlu terlalu cemas. Para Dokter Anak setuju bahwa keterlambatan bicara dan berbahasa lebih tepat dijadikan patokan untuk menilai keterlambatan perkembangan pada anak.

Pada kondisi sikecil saat ini kami sarankan melatih anak untuk memperkuat otot kaki dan paha dan menjaga keseimbangan tubuhnya dengan cara : berenang, main ayunan, berjalan diatas pasir sambil dipegang dan digulingkan diatas bola pilates.

Sebaiknya bila diperlukan Ibu dapat mengunjungi Klinik Tumbuh Kembang Anak dan berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak (SpA).

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak aktivitas menarik untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak preschool.

Ini Rekomendasi Aktivitas Anak Prasekolah untuk Tumbuh Kembang

Umumnya, anak-anak pada fase preschool memang asyik menyerap berbagai hal yang terjadi di sekelilingnya. Tak hanya mengembangkan keterampilan, anak pun akan belajar memecahkan masalah. Oleh karena itu, orangtua memiliki andil besar dalam mendukung perkembangan anak.