19 Jan 2021, 22:37Penyakit Lainnya

Benjolan di patat, terasa sakit dan perih, apa penyebabnya?

RK
Info Penanya: RK0
Dok saya ada benjolan di pantat kadang nyeri,sakit&perih dok , benjolan itu agak merah apakah itu berbahaya? Dan penyakit apa itu.?
293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, RTerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan di pantat bisa terjadi pada area sekitar anus, pada kulit pantat atau pun pada area lain di pantat. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya infeksi kulit, adanaya pelebaran pembuluh darah seperti wasir, atau karena kondisi medis yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan benjolan di pantat:

  • Wasir atau ambeiyen, yaitu keadaan dimana vena pada area anus mengalami pelebaran dan pembengkakan. Dalam istilah medis wasir disebut dengan hemorrhoid.
  • Folikulitis, yaitu adanya peradangan pada folikel rambut yang terjad karena infeksi. Infeksi pada folikel rambut ini bisa disebabkan oleh jamur atapun bakteri.
  • Bisul
  • Abses anus
  • Perianal hidradenitis supurativa
  • Kutil anus
  • Adanya infeksi kulit di sekitar
Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan salah satunya bisa terjadi karena beberapa penyebab benjolan pada pantat. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter terdekat dari lokasi Anda untuk dapat mengetahui penyebab dari benjolan pada pantat Anda dan segera mendapatkan pengobatan serta tatalaksana yang sesuai dengan penyebabnya.Usahakan Anda menjaga keberishan pantat dan sekitarnya, konsumsi makanan sehat serta bergizi, hindari kelelahan, konsumsi makanan bergizi, lakukan istirahat cukup, konsumsi sayur dan buah-buahan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
benjolbisulfolikulitiswasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil