18 Sep 2021, 13:21Penyakit Lainnya

penyakit yang bisa ditularkan melalui asi

P
Info Penanya: P0
Dok, apa benar asi bisa menularkan penyakit dari ibu ke bayinya? Soalnya, tetangga saya anaknya tiba tiba sakit padahal hanya mengonsumsi asi. Kenapa asi bisa menularkan penyakit ya, Dok? Bagaimana cara menghindari penularan penyakit melalui asi?
289 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PMemberikan ASI (Air Susu Ibu) pada bayi secara eksklusif sangatlah penting pada 6 bulan pertama kelahiran. Namun ada beberapa kondisi yang membuat bayi kesulitan mendapatkan ASI eksklusif yang disebabkan karena produksi ASI yang kurang, penyakit menular atau kondisi medis tertentu pada ibu atau bayi.

Penyakit Yang Bisa Ditularkan Melalui Asi

Ada pula beberapa penyakit yang memiliki potensi penularan dari ibu ke bayi melalui ASI. Beberapa penyakit tersebut seperti:
  • Virus Hepatitis A, B, C
  • Infeksi cacar air atau virus varicella (VZV)
  • Infeksi citomegalovirus (CMV)
  • Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)
  • Infeksi virus herpes simpleks (HSV)
  • Infeksi tuberkulosis (TBC)
Namun dari hasil penelitian penularan penyakit di atas mellaui ASI sangatlah kecil persentasenya sekitar 4-20%. Justru pemberian ASI ke bayi manfaatnya akan lebih besar karena bayi bisa mendapatkan antibodi secara langsung dari ibunya.

Mencegah Penularan penyakit Dari Ibu Ke Bayi

Namun hal yang menjadi kekhawatiran adalah jika tertularnya bayi dari ibu melalui droplet pernafasan, cairan tubuh atau kontak kulit. Sehingga apabila anda mengidap suatu penyakit maka berkonsultasilah dengan dokter anak terkait pemberian ASi kepada bayi anda.Cara lainnya untuk mencegah penularan penyakit dari ibu ke bayi adalah dengan memompa ASI keluar terlebih dahulu dan diberikan kepada bayi dengan botol yang sudah disterilkan. Gunakan masker saat sakit serta cuci tangan sebelum dan sesudah merawat bayi serta selalu menjaga asupan gizi anda dan istirahat yang cukup, usahakan untuk meredam stres.Selain itu pencegahan lainnya adalah dengan pemberian vaksinasi atau imunisasi pada bayi secara lengkap sesuai jadwal yang ditentukan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
cacar airproduksi asihepatitisasi eksklusifherpesbayi cukup asi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil