11 Dec 2020, 12:11Kulit & Kelamin

Cara menghilangkan vitiligo

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya mau tanya gimana cara menghilangkan penyakit vitiligo dok Trima kasih!
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo N,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Vitilo merupakan suatu penyakit langka dan berlangsung dalam waktu yang lama, membuat penderitannya harus bersabar dan menerima penyakit yang ada dengan baik. Vitiligo dapat menyerang orang berkulit hitam maupun putih, namun gejala paling terlihat pada orang dengan kulit hitam. Penyakit ini menyerang sebelum usia 20 tahun. 

Penyebab vitiligo

Penyebab vitiligo belum diketahui. Vitiligo ini terjadi ketika pigmen yang memproduksi untuk memberikan warna kulit dan rambut terganggu atau berhenti berproduksi, sehingga kulit dan rambut menjadi memutih secara bertahap dan terus menerus.

Faktor risiko vitiligo 

Semua orang berisiko mengalami vitiligo, namun ada beberapa orang yang lebih berisiko yaitu : 
  • Riwayat genetik di keluarga ada yang mengalami vitiligo
  • Paparan radiasi, sinar matahari, bahan kimia yang secara terus menerus ke kulit
  • Penyakit autoimun

Cara menghilangkan vitiligo

Belum ada obat-obatan yang spesifik menghilangkan vitiligo, namun dokter akan memberikan obat-obatan yang dapat menghambat perluasan dari vitiligo dengan pemberian salap kortikosteroid, salap yang mengandung tacrolimus, pelembab dan salap yang mengandung hydroquinone.  Dokter juga dapat melakukan terapi laser untuk membantu kulit kembali ke warna yang normal. Terapi laser ini dapat dilakukan berulang kali. Dapat juga dilakukan tindakan PRP yaitu memasukkan sel plasma darah ke dalam kulit. Ada beberapa prosedur bedah yang dapat dilakukan diantaranya cangkok kulit, dan mikropigmentasi yaitu menanamkan pigmen kulit di tempat yang terkena vitiligo.Selain pengobatan Anda dapat menyamarkan vitiligo dengan menggunakan foundation yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock dan pakaian panjang serta topi dan kacamata saat keluar rumah. Anda harus tetap semangat dan percaya diri, karena kecantikan bukan hanya terpancar dari kulit yang sehat, namun yang terpenting adalah hati yang baik, selalu melakukan hal yang bermnafaat untuk orang lain, maka rasa bahagia akan hadir di dalam hidup kita.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
perawatan kulitvitiligopenyakit autoimun
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil