Vagina mengeluarkan buih dan darah, apakah berbahaya?

NB Info Penanya: NB
Saya masih pelajar dan bujang.. Tpi vagina sy mengeluarkan buih dan darah yang bnyk.. Adakah penyakit ini bahaya dan mmberi resiko kpda rahim saya kelak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NBR.

Vagina adalah organ reproduksi wanita. Seorang wanita yang memasuki usia subur akan mengalami menstruasi pertamanya, yaitu dinding rahim yang meluruh dan keluar dalam bentuk darah melalui liang vagina. Selain itu, ketika sudah menikah dan hamil, bayi juga akan lahir melalui liang vagina.

Terkait kondisi yang Anda alami, vagina yang mengeluarkan darah bisa saja darah menstruasi. Namun, jika darah tersebut di luar siklus menstruasi Anda, bisa disebabkan karena:

  • Stres yang berlebihan
  • Berat badan naik atau turun dalam jangka waktu singkat
  • Kista ovarium
  • PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome

Lalu, perlu diketahui bahwa vagina juga menghasilkan lendir.Lendir tersebut berfungsi menjaga kelembaban vagina, dan untuk 'menangkap' benda asing yang masuk ke vagina. Lendir bisa saja berbuih atau berbusa. Namun, jika lendir berbuih yang Anda alami berbau tidak sedap, berwarna kehijauan atau kecokelatan, atau menggumpal, kemungkinan itu tidak normal, ya. Biasanya lendir yang tidak normal disebabkan oleh virus atau bakteri yang bervariasi.

Apabila Anda ragu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi vagina Anda. Dokter akan memeriksa secara langsung dan melakukan analisis cairan vagina di laboratorium jika diperlukan, dan memberikan terapi yang sesuai. Berbahaya atau tidaknya kondisi yang Anda alami tergantung pada penyebab pastinya.

Akhir kata, selalu jaga kebersihan alat kewanitaan dengan mengelap secara kering setelah cebok sebelum memakai celana, dan rajin mengganti pembalut apabila sedang haid, ya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.