Terkejut di bagian tangan hingga tidak sadarkan diri, apa yang harus dilakukan ?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 1819 Tahun
Permisi mau tanya...Saya sering terkejut sendiri di bagian tangan... Trus terkejut itu tidak dapat di kontrol sampai saya tidak sadarkan diri..Dan sesudah itu kalo saya sudah sadar kepala saya sakit...Mintak saran apa yang di lakukan...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ADB.

Terkejut hingga tidak sadarkan diri merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai kondisi medis. Kondisi tersebut dapat berasal dari gangguan pada sistem saraf maupun organ lainnya.

Beberapa kondisi medis yang dapat memicu keadaan tersebut diantaranya ialah :

  • gangguan sistem saraf tertentu seperti acute or subacute dysautonomia 
  • epilepsi
  • penyakit jantung
  • hipoglikemia pada penderita daibetes
  • dan lain-lainnya

Gejala yang Anda alami mungkin terjadi karena salah satu kondisi medis diatas. Salah satu kondisi medis yang kemungkinannya cukup tinggi adalah epilepsi yang ditandai dengan adanya kejang berulang dan episode kehilangan kesadaran. Secara awam, masyarakat mengenalnya dengan istilah ayan. Pada epilepsi, terjadi gangguan pada sistem saraf pusat dimana aktivitas listrik pada otak terganggu akibat zat kimia otak yang tidak normal, atau adanya gangguan lain seperti cedera kepala.

Untuk saat ini yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan diri pada dokter Spesialis Saraf untuk memastikan kondisi medis yang mendasari agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Sedangkan untuk mencegah kekambuhan yang terlalu sering, butuh untuk diketahui terlebih dahulu faktor-faktor pemicunya. Sementara cobalah untuk memperhatikan keadaan sebelum terjadinya kekambukan gejala tersebut dan mintalah orang sekitar untuk membantu Anda mengingatnya karena dapat merupakan faktor pemicu yang penting untuk dihindari dikemudian hari.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tindakan yang dilakukan dalam kajian neurologi adalah elektroensefalografi

Mengenal Neurologi, Ilmu tentang Saraf Manusia yang Kompleks

Neurologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang khusus membahas soal sistem saraf manusia. Penyakit yang dibahas dalam neurologi adalah epilepsi hingga ALS.