Penyebab sesak napas dan sakit tenggorokan

K Info Penanya: K
Saya selalu sakit tenggorokan sama sesak ..mata cepel sama sakit pinggang sampai ke kaki sebelah kiri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sesak napas adalah suatu kondisi dimana paru-paru tidak mendapatkan pasokan udara yang cukup. Penyebab sesak napas sendiri bermacam-macam, bisa karena gangguan pada paru-paru (asma, PPOK, penumonia, pneumothoraks), gangguan pada jantung, tekanan darah rendah atau tinggi, obesitas, anemia, gangguan cemas atau panik, GERD, maag, dll. 

Sakit tenggorokan yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya karena infeksi bakteri, alergi sehingga menyebabkan radang tenggorokan dan rasa sesak yang dirasakan bisa jadi karena salah satu penyebab diatas yang sudah dijelaskan. 

Keluhan sakit pinggang yang Anda rasakan ini bisa saja karena gangguan otot dan saraf, kurang banyak minum air putih, gangguan pada ginjal dll. Sedangkan mata cepel yang Anda alami ini bisa karena mata yang lelah sehingga butuh diistirahatkan dulu.

Untul memastikan semua keluhan Anda ini ke arah penyakit apa, saya sarankan buat mekakukan pemeriksaan ke dokter langsung agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

Sementara ini, Anda bisa mengkonsumsi obat ibuprofen, jahe, daun mint, madu, dan perasan lemon untuk mengatasi gejala-gejala Anda ini. Selain itu, banyak minum air hangat, istirahat yang cukup, hindari pemakaian gadget yang berlebihan, dan olahraga yang teratur agar imunitas Anda meningkat. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.