Penyakit radang mendapat obat dan perut serta leher terasa terbakar saat diminum. Apa masih boleh dilanjutkan?

ZY Info Penanya: ZY, Wanita, 22 Tahun
Dok mw taxa ... Saya puxa pexakit radang itu pun sudah saya periksa k dokter".....Anehx knpa ya dok saat minum obat dr doktet ,perut dan leher saya rsax kyak yg terbakar....Apa masih boleh saya lanjutin minum obatx....Soalx saya takut dok....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ZY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Terapi untuk radang seringkali bertujuan untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Obat yang biasa digunakan oleh dokter biasanya memiliki efek samping ke lambung sehingga bisa mengakibatkan asam lambung meningkat. Peningkatan asam lambung yang membuat perut dan leher anda terbakar. Biasanya anda dianjurkan untuk meminum obatnya setelah makan agar efek samping ke lambungnya tidak terlalu terasa.

Saran saya coba minum obatnya, 15 menit setelah anda makan. Bila ternyata masih terasa tidak nyaman, sebaiknya anda kontrol kembali ke Dokter agar bisa diberi obat yang tidak mempengaruhi lambung anda. Selain itu anda perlu mengurangi makanan pedas, makanan berminyak dan bersantan. Selain mencegah produksi asam lambung, namun juga mencegah terjadinya radang tenggorokan. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.