10 Jul 2021, 15:23Perut

Terlambat haid, perut kembung dan sembelit, kenapa?

DB
Info Penanya: DB0
Saya blum haid 2 Minggu. Setelah di tespek hasilny garis 1 .tapi kok perut saya terasa kembung dan saya juga mengalami sembelit.itu gmn ya dok?
515 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid bisa terjadi salahs atunya karena hamil, namun selain hamil terlambat haid juga bisa terjadi karena pengaruh beberapa penyebab lainnya. Secara normal siklus haid wanita yaitu 21 - 35 hari. Bila ada riwayat berhubungan seksual dan sudah melakukan test kehamilan hasilnya negatif, lakukanlah tes kehamilan ulang 1 minggu kemudian untuk lebih memastikan. Jika hasilnya masih negatif, maka penyebab terlambat haid kemungkinan bukan karena hamil.

Adapun penyebab terlambat haid selain hamil adalah:

  • Hormon tubuh yang tidak seimbang
  • Stres
  • Sindrom polikistik ovarium 
  • Obesitas  atau adanya perubahan berat badan secara drastis
  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi
  • Kelelahan
  • Penyakit lainnya pada organ reproduksi wanita 
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, terlambat haid bisa karena beberapa penyebab yang disampaikan di atas. Keluhan perut kembung dan sembelit bisa terjadi karena beberapa penyebab mulai dari masalah pencernaan seperti sakit maag, infeksi saluran pencernaan atau bisa juga karena penyebab lainnya. Untuk memastikannya, silakan lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Usahakan konsumsi makanan yang bergizi, makan teratur, hindari kelelahan, konsumsi sayur dan buah-buahan, atasi stres, minum air putih, lakukan olahraga ringan agar haid kembali lancar dan tidak sembelit. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidsembelitperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil