04 Mar 2021, 13:39Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid dan rasa mual saat bangun tidur ?

AN*
Info Penanya: AN*0
saya ingin tanya 3tahun lalu saya berhubungan badan, dan sampai saat ini tidak lagi sama sekali, lalu saat ini saya telat haid 2hari, dari des-feb saya haid selalu tanggal 1, saat ini sudah tgl4 sya belum haid, tapi kemarin sudah keputihan, dibagian perut saya seperti ada detak jantung sdh 3bln bwh pusar sya ada garis coklat, sekarang saya merasakan pusing dan mual setelah bangun tidur siang itu kenapa ya dok sya hamil atau hanya saja ingin haid? kira2 wajar ga dok haid telat 2hari? tlg dijawab
289 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Berhubungan seksual dapat menyebabkan kehamilan jika pada waktu tersebut sperma berhasil membuahi sel telur saat wanita dalam masa subur. Namun tidak setiap hubungan seksual selalui diikuti kehamilan yang terjadi. Bahkan banyak pasangan yang menikah dalam waktu yang lama namun belum kunjung diberikan keturunan.

Apa yang menyebabkan telat haid dan rasa mual saat bangun tidur ?

Keluhan telat haid dan rasa mual saat bangun tidur serta pusing yang Anda alami memang salah satu tanda awal kehamilan namun hal ini tidak mungkin terjadi pada Anda karena Anda berhubungan seksual sudah 3 tahun yang lalu dan tidak pernah berhubungan seksual lagi. Oleh karena itu, kemungkinan penyebab yang Anda alami antara lain :
  • Gejala akan datangnya menstruasi (premenstrual sindrome).
  • Telat haid karena gangguan hormon esterogen dan progesteron akibat rasa lelah, stress, BB tidak stabil.
  • Siklus haid yang memanjang.
  • Gangguan ovulasi akibat sumbatan aupun penyakt polikistik ovarium sindrome.
  • Bangun tidur dengan perubahan psosisi yang cepat mencetuskan vertigo.
  • Hipotensi ortostatik dan anemia.
  • Dispepsia dan GERD.
Detak jantung yang Anda rasakan diperut bisa karena denyut dari pembuluh darah arteri tubuh maupun kontrakasi usus atau hanya sekedar perasaan Anda saja. Tidak perlu stress berlebih, jalankan pola hidup sehat, makan teratur, olahraga secara rutin dan kontrol ke dokter spesialis kandungan jika haid tidak kunjung datang.Semoga ebrmanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil