13 Feb 2021, 10:30Kulit & Kelamin

Apakah penyebab muncul plenting berair di leher?

BS
Info Penanya: BS0
Melenting kecil kecil d leher berair penyakit apa yah
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, BATerima kasih atas pertanyaannya.Plenting berair atau dapat dikatakan sebagai vesikel adalah bentol yang berisi air pada kulit.  Plenting berair ini terkadang dapat menimbulkan nyeri dan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Penyebab plenting berair :

  • Reaksi alergi akibat paparan tertentu seperti debu, asap, udara panas, sabun berpewangi, lotion ataupun bahan pakaian.
  • Cacar air juga dapat menimbulkan plenting berair. Cacar disebabkan oleh infeksi virus dan menular sehingga perlu dilakukan isolasi setidaknya 72 jam setelah plenting muncul.  Selain plenting, kadang akan disertai demam ringan, badan lemas, sakit kepala, dan pegal linu.
  • Herpes menimbulkan plenting berair yang biasanya perih, panas dan gatal. Plenting muncul hanya di satu sisi bagian tubuh saja.  
  • Impetigo sering terjadi pada anak yang merupakan infeksi bakteri. Ketika plenting pecah akan menimbulkan kulit kering kekuningan.
  • Gigitan serangga juga dapat menyebabkan timbulnya plenting di kulit yang perih, mudah melebar.
Bila plenting berair yang anda rasakan sudah lama dan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga menganggu aktivitas, sebaiknya periksa ke dokter untuk dilihat secara langsung bagian leher agar dapat ditangani sesuai penyebabnya.Sementara ini, hindari memecahkan plenting atau menggaruk agar tidak menjadi infeksi, gunakan pakaian yang serap keringat, jaga kebersihan kulit, gunakan sabun wangi yang tidak berpewangi. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
cacar airherpesimpetigodermatitisvarisela zoster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil