21 Jan 2021, 18:49Jantung

Nyeri dada dan sesak napas apakah berbahaya?

SF
Info Penanya: SF0
Dokter saya mau tanya kalau dada sering sakit dan susah bernapas dan saya gampang cape kalau kemana mana dan sring pusing itu sakit apa ya dok?
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Nyeri dada yang di sertai sesak napas dan kelelahan dapat disebabkan oleh adanya payah jantung, namun keluhan nyeri dada di daerah tengah atau di uluhati dan perasaan 'nyesak' juga bisa disebabkan oleh gejala dispepsia. Pada dispepsia, keluhan jarang disertai kelelahan. Gejala yang bisa saja terjadi pada gangguan dispepsia adalah nyeri perut, nyeri ulu hati, panas atau perih di ulu hati, mual, muntah, dan juga kembung. Untuk mengatasi dispepsia, Anda cukup mengkonsumsi obat antasida 3x sehari, menghindari makanan yang pedas dan asam, tidak meminum kopi disaat perut kosong, menghindari konsumsi soda dan alkohol, serta tidak terlambat makan.

Gejala payah jantung

Disisi lain jika keluhan yang Anda rasakan mengarah ke diagnosa payah jantung, penyakit ini biasa di derita oleh orang dengan penyakit terdahulu seperti riwayat kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, maupun diabetes. Gejala yang di rasakan oleh penderita payah jantung pada awal penyakit yaitu :
  • sesak napas saat aktivitas hingga akhirnya sesak terasa meskipun saat istirahat (progresif),
  • pasien menjadi mudah lelah dan lemah,
  • timbul bengkak pada kaki,
  • irama jantung yang tidak beraturan.
Untuk membedakan keluhan sesak yang Anda rasakan, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika Anda berusia muda, tidak memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, dan selama ini tidak memiliki keluhan sakit yang kronik, besar kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh dispepsia.Salam sehatdr.Evelin Kwandang
asam lambunggagal jantungdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil