Kenapa dada nyeri saat kaget?

LS Info Penanya: LS, Wanita, 1 Tahun
Dok, umur saya 16 tahun, saya mempunyai penyakit asma dan maag terkadang jika saya sedang syok atau kaget biasanya saya gemetar dan setelah itu timbul rasa nyeri tepat dibagian bawah payudara sebelah kiri. Rasa nyeri itu sangat sakit hanya membuat saya menangis. Apakah penyakit saya itu bisa berakibat fatal dok!?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LS,

Jantung adalah organ yang sangat vital karena berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Adanya kondisi mengagetkan atau berita buruk akan menyebabkan pembuluh darah jantung menyempit, sehingga pasokan oksigennya kurang sehingga akan muncul keluhan nyeri dada.

Hal ini akan semakin parah bila Anda memiliki kecemasan dan gangguan lambung, karena disaat Anda cemas atau banyak pikiran, maka produksi asam lambung akan semakin banyak dan menyebabkan naik ke tenggorokan yang dalam dunia medis disebut sebagai GERD. Kondisi GERD ini akan menyebabkan keluhan nyeri dada, dada terasa panas, napas berat dan tidak longgar. Terlebih lagi bila Anda juga memiliki penyakit asma.

Yang perlu Anda lakukan agar keluhan nyeri dada tersebut tidak sering muncul adalah:

  • Ketika sedang panik atau kaget, segera atur napas dengan cara tarik napas dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali sampai kondisi Anda lebih tenang.
  • Hindari semakin panik.
  • Minum segelas air hangat.
  • Kompres bagian dada yang nyeri menggunakan air hangat.
  • Minum antacida untuk mengatasi GERD nya.
  • Selalu berpikir positif dan kendalikan pikiran serta emosi Anda.

Bila Anda sering cemas dan tidak terkendali, maka sebaiknya lakukan konseling dengan psikolog agar keluhan tidak berkelanjutan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan untuk asam lambung salah satunya oatmeal

Makanan untuk Asam Lambung Tinggi agar Tak Menjadi GERD

Makanan untuk asam lambung agar tak kambuh dapat berupa jahe, putih telur, sayur, oatmeal, dll. Lalu, untuk makanan yang mengandung asam dan lemak perlu dihindari.