Gejala sakit kepala, demam, flu, sakit apakah ini?

MM Info Penanya: MM
Saya mengalami sakit kepala yang luar biasa kemudian disusul dengan demam, flu kemudian mual bahkan muntah muntah. Setelah itu saya juga kehilangan selera makan, penyakit apa yang menyerang saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala merupakan kondisi nyeri kepala yang menyebar ke seluruh sisi kepala. Sakit kepala dibagi menjadi dua tipe yaitu sakit kepala tipe primer (sakit kepala cluster, migrain, tension headache, trigeminal autonomic cephalgia) dan sakit kepala tipe sekunder (sinusitis, aneurisma otak, tumor otak, gegar otak, dehidrasi, mabuk, infeksi telinga, influenza, masalah gigi, hipertensi).

Kondisi yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya bisa karena berbagai faktor, bisa karena kecapekan, stres, infeksi bakteri, dan flu. Untuk memastikan penyakit apa yang menyerang Anda, maka saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (lab darah). 

Untuk sementara, Anda bisa mengkonsumi obat-obatan seperti paracetamol atau ibuprofen (untuk meredakan sakit kepala dan demam), vitamin B6 (untuk meredakan gejala mual dan muntah), obat flu merek apa saja yang bisa dibeli di apotek secara bebas, dan vitamin C. Selain itu, Anda juga harus istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, banyak minum air hangat, dan rajin berjemur agar daya tahan tubuh Anda meningkat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pemicu kulit kering adalah akibat kurang minum air putih

Tak Hanya Dehidrasi, Ini Komplikasi Akibat Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih tak hanya menyebabkan dehidrasi saja. Sistem vital dalam tubuh bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat kurang minum air putih.