31 Mar 2021, 10:50Kulit & Kelamin

Serba-serbi penyakit prostat

II
Info Penanya: II0
Selamt siang Bpk, Penyakit Prostat
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, II.Prostat adalah kelenjar yang berperan penting dalam sistem reproduksi pria. Prostat memproduksi cairan yang dapat melindungi dan memberikan zat gizi kepada sperma. Fungsi lainnya adalah turut serta dlam menjaga keseimbangan hormon tubuh pria.

Jenis-Jenis Penyakit Prostat

Mengenai penyakit prostat yang Anda sebutkan, perlu diketahui ada berbagai jenis penyakit prostat. Berikut beberapa di antaranya yang cukup sering dialami:

1. Prostatitis (radang prostat)

Prostatitis biasanya disebabkan oleh infeksi, terutama bakteri. Namun, terkadang, faktor lain seperti cedera atau ketidaknormalan sistem imun juga dapat menyebabkannya. Pada penderita, biasanya gejala sulit berkemih dan rasa nyeri pada kelamin dapat dialami. Apabila disebabkan oleh bakteri, maka dapat disembuhkan dengan antibiotik.

2. Benign Prostate Hyperplasia (BPH, atau Pembesaran Prostat Jinak)

Penyakit ini biasanya disebabkan ketika kelenjar prostat membesar lebih dari ukuran aslinya. Namun, pembesaran ini bukan disebabkan oleh sel-sel ganas atau sel kanker. Kondisi ini dapat memicu gejala-gejala berkemih; misalnya buang air kecil menjadi menetes, kemudian terasa terburu-buru. Mengenai penanganannya, ada yang ditangani dengan obat tertentu, ada pula yang membutuhkan operasi.

3. Kanker prostat

Kanker prostat adalah munculnya sel-sel baru yang bersifat ganas pada kelenjar prostat. Penanganannya tergantung kepada berat-ringannya stadium kanker tersebut; mulai dari tindakan bedah, kemoterapi, radioterapi, sampai terapi hormon. Mengenai pertanyaan Anda, karena Anda belum menyebutkan secara spesifik gejala dan pertanyaan Anda, maka terlampir di atas informasi umum yang diharapkan bermanfaat bagi Anda. Namun, apabila Anda memang mengalami penyakit prostat dan tetap tidak tahu apa jenisnya, akan lebih baik apabila memeriksakannya ke dokter urologi. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
prostatkanker prostatprostatitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil