Apakah penderita polip hidung boleh menyusui?

AL Info Penanya: AL
Bahaya bagi bayi bila di susui ibu penderita polip ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Polip hidung adalah suatu penyakit hidung dimana terjadi pertumbuhan jaringan lunak di dalam hidung dan disertai tanpa gejala sakit. Polip hidung sebenarnya bukan masalah yang serius, tetapi jika tidak diobati akan menyumbat jalan nafas. Gejala dari penyakit ini yaitu hidung terasa mampet dan berair, cairan hidung menumpuk di bagian hidung belakang, mimisan, mendengkur, nyeri di wajah, dan penurunan fungsi penciuman. Penyebabnya hingga sekarang belum diketahui secara pasti, tetapi meningkat pada orang-orang yang memiliki riwayat asma, alergi, dll.

Pada ibu yang memiliki penyakit polip hidung tidak bahaya jika menyusui bayinya karena tidak ada hubungannya polip hidung dengan kegiatan menyusui bayi. Jadi, masih aman-aman saja. Jika polip hidung sudah semakin membesar dan mengganggu pernapasan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter THT agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat diterapi dengan tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang bisa digunakan

Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Menyusui dan Alternatifnya

Ibu menyusui tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat batuk karena kandungan obat batuk bisa masuk ke dalam ASI yang akan dikonsumsi oleh bayinya. Jadi, bagaimana cara memilih obat batuk untuk ibu menyusui yang tepat?