Penyakit peredaran darah, berbahayakah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hai, dokter! Kebetulan keluarga saya memiliki gen mudah terkena penyakit peredaran darah. Sebenarnya saya kurang paham apakah ini bisa turunan atau hanya kebetulan saja. Pertanyaan saya, apakah ini berbahaya? Bagaimana gejala pastinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Darah mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah yang berjumlah sangat banyak di dalam tubuh. Ada dua macam pembuluh darah. Pertama, pembuluh arteri, yang bertugas membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Oksigen tersebut akan diserap oleh organ-organ tubuh. Kedua, pembuluh vena, yang bertugas membawa darah kembali ke jantung.

Jika pembuluh darah mengalami gangguan, maka peredaran darah akan terganggu. Akibatnya, ada organ yang tidak mendapat darah yang cukup dan mengalami gangguan. Organ tersebut biasanya akan mengalami gejala-gejala ringan, misalnya nyeri dada ringan jika jantung kekurangan darah. Jika kekurangan darah terjadi terus menerus, hal ini akan membahayakan organ tersebut. Organ bisa mengalami gangguan sampai kegagalan fungsi.

Beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan peredaran darah adalah:

  • Aterosklerosis, yaitu penumpukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah terganggu
  • Thromboemboli, yaitu lepasnya plak pembuluh darah yang menyebabkan sumbatan di pembuluh darah
  • Arteriosklerosis, yaitu pengerasan dinding arteri yang menyebabkan kekakuan pembuluh darah
  • Varises, yaitu melemahnya katup pembuluh darah vena yang mengganggu aliran darah balik ke jantung
  • Aneurisma, yaitu pelebaran dinding pembuluh darah yang lemah, yang dapat memicu pecahnya dinding tersebut

Sebaiknya, Anda menjaga pola hidup sehat agar tidak mengalami kondisi-kondisi di atas. Konsumsi makanan bergizi dan kurangi makanan yang berlemak. Minum air putih yang cukup agar darah dapat mengalir dengan lancar. Lalu, hindari merokok dan minuman beralkohol, ya. Anda juga bisa melakukan skrining berkala atau berkonsultasi ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan arteri dan vena yang paling dasar adalah pada fungsinya.

Mengenal Perbedaan Arteri dan Vena, Dua Pembuluh Darah di Tubuh

Perbedaan arteri dan vena yang utama terletak pada fungsinya. Arteri mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sementara itu, vena mengalirkan darah dari seluruh tubuh, untuk kembali ke jantung.