Penyakit pada organ reproduksi laki-laki dan perempuan

AN Info Penanya: AN, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya 1. Apa saja penyakit pada organ reproduksi laki laki 2.Apa saja penyakit pada organ reproduksi perempuan3.Apa saja solusi , obat ,atau cara mengatisipasi penyakit penyakit tersebut4.Apa saja ciri ciri yang terjadi apabila mengidap penyakit tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ANF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya seperti sedang dites pertanyaannya pakai nomer. Sebetulnya gangguan organ reproduksi pria dan wanita serupa yaitu infeksi dan gangguan fungsi. Infeksi dalam hal ini, infeksi menular seksual seperti Gonorrhea, Sifilis dan lainnya. Selain itu bisa juga gangguan saluran kencing, bisa ada batu atau infeksi juga akibat kurang menjaga kebersihan organ genitalia, kurang minum atau sering menahan kencing.

Ciri-ciri penyakit sayangnya pada laki-laki seringkali tidak bergejala dengan jelas kecuali sifilis yang ada luka koreng di sekitar kemaluan (orang awam menyebutnya raja singa) atau gonorrhea dimana keluar cairan putih seperti nanah dari kemaluan. Kalau pada wanita biasanya terasa gatal dan keluar keputihan dan kadang tercium bau tidak sedap.

Solusi dan pencegahannya sangat mudah. Setia pada pasangan, jangan melakukan bila belum menikah, kalau terpaksa setidaknya pakai pengaman untuk mencegah tertular penyakit. Bila sudah tertular, sebaiknya konsultasi ya dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anus gatal dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kebiasaan tak sehat hinggak infeksi menular seksual

Jangan Digaruk, Kenali Dulu Penyebab Anus Gatal Anda

Anus gatal dapat dipicu oleh beragam hal, mulai dari kebiasaan tak bersih hingga infeksi menular seksual. Jangan digaruk, atasi anus gatal berdasarkan pemicunya.