Merasa tenang jika ke dokter, apakah harus selalu ke RS?

LS Info Penanya: LS
Siang Dokter,Ibu saya (80Th) rajin sekali konsul ke RS, kalau sudah bertemu dokter baru merasa tenang. haruskah setiap hari ibu ke RS dok?? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LS,

Kesembuhan seseorang memang sering kali tidak hanya dipengaruhi oleh fisik semata tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi psikis, sehingga tidak jarang jika diberikan obat yang sama tapi belum bertemu dengan dokter atau bertemu dokter yang berbeda bisa berbeda hasil pengobatannya.

Begitu pula dengan ibu Anda. Bisa juga terjadi kondisi yang disebut psikosomatik dimana keluhan fisik terjadi karena keluhan psikis. Jika begitu perlu diperhatikan keluhan apa yang membuat ibu Anda menemui dokter, apakah memang perlu memeriksakan diri atau sebenarnya bisa ditangani terlebih dahulu di rumah dengan penanganan yang ada atau home remedy.

Jika sering kali keluhan ringan, tapi Ibu Anda merasa cemas dan selalu harus ke dokter ada baiknya bisa juga dilakukan konsultasi pada dokter spesilasi jiwa untuk dilakukan konseling dan evaluasi apakah ada keluhan psikis yang memicu hal tersebut. Apabila ada gangguan kecemasan, nantinya bisa dilakukan konseling, psikoterapi, ataupun pengobatan untuk mengatasi kecemasan yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko penyakit demensia pada lansia bisa diminimalisir dengan langkah yang tepat.

8 Gejala Awal Demensia Lansia

Demensia atau kepikunan dapat menurunkan daya ingat dan daya pikir lansia. Kenali 10 gejala awal demensia lansia lebih cepat, agar bisa segera mendapatkan penanganan dokter.