13 Feb 2021, 12:43Infeksi

Apakah swab antigen bisa samar karena penyakit lain?

AZ
Info Penanya: AZ0
dok, apakah saat swab antigen di nyatakan samar atw positif apakah sdh psti terkena covid atw bsa pnyakit lain nya??? sprti karena pas di swab antigen kondisi seseorng lgi demam atw atw lain sbgai nya.
197 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AZ,Pemeriksaan rapid antigen adalah pemeriksaan cepat yang memiliki sensitivitas dan spesifitas cukup tinggi yaitu mencapai 94-97%. Kemungkinan hasil rapid antigen negatif palsu bisa cukup tinggi seperti yang dijelaskan pada pertanyaan sebelumnya. Dimana selain yang sudah dijelaskan, waktu pemeriksaan rapid antigen juga bisa berpengaruh menyebabkan hasilnya negatif palsu seperti jika terlalu cepat ataupun sudah lewat lebih dari 7 hari dari gejala muncul.Untuk hasil positif palsu karena infeksi lain juga sangat rendah kemungkinannya karena pemeriksaan ini memiliki tingkat spesifitas mencapai 97% yang artinya hanya 3% bisa terjadi positif palsu karena penyakit lain. Jadi apabila sedang demam atau gejala penyakit lain selain dari covid hanya 3 dari 100 pemerikasan yang bisa memberikan hasil positif palsu.Jika ragu, sama seperti saran pada pertanyaan sebelumnya, ada baiknya dilakukan pemeriksaan swab PCR untuk memastikan apakah terinfeksi covid 19 atau tidak dan terapkan protokol kesehatan seperti:
  • Selalu menggunakan masker termasuk saat dirumah
  • Mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air mengalir
  • Menjaga jarak 
  • Menjauhi kerumunan 
  • Membatasi mobilisasi dan interaksi dengan orang lain atau bisa dilakukan isolasi mandiri dulu sampai terbukti tidak terinfeksi covid 19
Segera periksakan diri agar diketahui kondisinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakitinfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil