21 May 2020, 22:11Kulit & Kelamin

Penyakit kulit pada Anak ada bercak putih di bagian dahi

RW
Info Penanya: RW, Wanita, 43 Tahun
Met mlm dokter... Maaf sy ingin btanya dokter... Anak sy perempuan umur 9 Thn, di muka bagian dahi anak sy muncul perubahan kulit wrna putih, dikarenakan situasi spt ini sy khawatir mau k rmhskt, jd sy pikir ini kr penyakit kulit panu... Ternyata sdh menggunakan salep 88 tp malah tambah... Sy mohon d berikan penjelasan dokter dan jika mrmang hrs d sarankan menggunakan obat, obat apakah yg dpt saya beli utk anak sy..sebelumnya trimakasih.
23864 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RW,Bercak putih pada kulit adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari infeksi kulit seperti akibat jamur atau disebut panu, adanya peradangan kulit atau disebut pitiriasis alba ataupun eksim, paparan sinar matahari yang bisa memicu gangguan seperti milia, atau bisa karena gangguan pigmen kulit atau vitiligo.Untuk mengatasinya perlu dipastikan penyebabnya. Karena beda penyebab memiliki penanganan dan obat yang berbeda. Jika takut kerumah sakit, bisa periksakan anak Anda pada dokter terdekat. Gunakan masker dan lebih sering mencuci tangan dengan sabun.

Cara mengatasi bercak putih pada kulit

Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk sementara diantaranya adalah:
  • Jaga kebersihan kulit
  • Hindari paparan matahari langsung terlalu lama 
  • Gunakan tabir surya jika berada diluar ruangan
  • Bisa gunakan bahan alami seperti jeruk nipis ataupun sulfur untuk membantu mengatasi masalah kulit
  • Mandi teratur
  • Upayakan berada di rungan yang sejuk dan hindari paparan alergen
Nantinya apabila disebabkan jamur atau panu maka akan diberi obat anti jamur baik minum ataupun salep, tapi jika karena peradangan perlu diberi krim anti peradangan. Jika karena masalah pigmen atau vitiligo maka memerlukan penanganan yang lebih serius, karena seringkali sulit untuk disembuhkan.Jadi ada baiknya periksakan pada dokter kulit apabila sudah periksa ke dokter dan diberi penanganan tetapi tidak mendapat hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi jamurmasalah kulitvitiligopanu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil