Penyakit kulit mirip seperti skabies

RL Info Penanya: RL, Pria, 24 Tahun
Saya memiliki penyakit kulit mirip seperti skabies. Namun obat yang di pakai untuk skabies tidak mempan. Mohon saran lain
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Skabies adalah infeksi kulit yang timbul karena infeksi parasit Sarcoptes scabiei yang juga dikenal dengan istilah kudis. Bisa menular terutama pada mereka yang tinggal berkelompok melalui kontak dengan penderita ataupun melalui benda yang terkontaminasi. 

Skabies juga dapat menimbulkan kemiripan gejala dengan beragam penyakit kulit lainnya seperti infeksi jamur, peradangan kulit, eksim, ataupun infeksi bakteri seperti imptigo. Untuk itu pengobatannya tidak boleh sembarangan hanya dari sekedar memiliki gejala yang mirip karena obat yang digunakan juga bisa menimbulkan risiko efek samping. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis kulit untuk menegakkan diagnosa keluhan penyakit kulit yang dialami.

Pengobatan nantinya diberikan sesuai dengan penyebabnya dimana jika penyebabnya adalah jamur maka diberikan antijamur dan jika penyebabnya bakteri akan diberikan antibiotik. Sedangkan antiparasit seperti untuk skabies akan diberikan jika sudah ditegakkan diagnosa dengan cara penggunaan yang khusus. Upayakan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan hindari menggaruk area yang gatal agar tidak terjadi iritasi dan infeksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi vitamin E mudah didapatkan dari makanan-makanan seperti kacang-kacangan

Fungsi Vitamin E, Penjaga Kulit dari Kerusakan Oksidatif

Fungsi vitamin E sebagai antioksidan dan menghindari penyakit degeneratif, asupannya banyak tersedia dari makanan. Beberapa makanan sumber vitamin E misalnya kacang-kacangan, alpukat, mangga, salmon, dan masih banyak lagi.