27 May 2020, 00:21Infeksi

Benjolan di kelamin wanita, apa penyebabnya?

PP
Info Penanya: PP, Wanita, 16 Tahun
Halo dok, jadi saya remaja umur 17th. Saya sudah kurang lebih 2bulan ini menyadari adanya satu benjolan kecil di area miss v sebelah kanan atas. Awalnya saya tidak menyadari, karena tidak adanya gejala yang serius. Sempat saya beli obat di apotik semacam obat salep di oleskan di daerah benjolan tapi tetap belum reda, bagaimana dok untuk penanganan selanjutnya?
18044 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang PP,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Munculnya benjolan di kemaluan wanita menimbulkan rasa khawatir. Benjolan pada kemaluan wanita terkadang disertai dengan gejala lain, seperti nyeri atau gatal pada vagina, keputihan, perdarahan vagina, hingga rasa sakit atau tidak nyaman saat berhubungan intim.

Beberapa penyebab munculnya benjolan di kelamin wanita :

  • Kista Bartholin
    Terjadi pada kelenjar bartholin bertugas memproduksi cairan lendir yang melubrikasi vagina. Kelenjar ini bisa saja tersumbat, sehingga cairan terperangkap di dalamnya kemudian membentuk kista. 
  • Kutil kelamin
    kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papilloma virus(HPV), yang menular melalui kontak seksual. Kutil kelamin bisa muncul berupa benjolan di vagina (baik di bagian dalam maupun luar) serta di sekitar anus.
  • Herpes kelamin
    Infeksi menular akibat virus herpes simplex (HSV). Infeksi virus ini ditandai dengan rasa tidak nyaman, demam, pembengkakan kelenjar, serta munculnya luka-luka pada bagian genital.
  • Molluscum contangiosum
    Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra mirip tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan oleh molluscum contangiosum, virus yang ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk, dll.
Untuk mengatasi keluhan Anda, Anda bisa melakukan berendam air hangat, menjaga kebersihan organ intim Anda jangan sampai lembab, gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, dan jika keluhan tidak kunjung membaik, atau muncul keluhan tambahan seperti demma, nyeri yang hebat, keluar cairan sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit dan kelamin.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kutil kelaminkista bartholinkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil