09 Jun 2020, 15:39Penyakit Lainnya

Apakah yang dimaksud dengan fisura ani?

Y
Info Penanya: Y0
siang dok. saya mau tanya. dubur saya lecet dok di dindingnya seperti robek pdhl saya tdk pernah melakukan hubungan sexual atau anal. itu kejadian pas bab sakit lama2 seperti daging keluar tp dipegang ga sakit, nah skrng lecet lg dok dinding sebelahnya tp posisinya agak dalam pas saya paksa cek untuk lihat di kaca ternyata keluhannya sama kaya robek makanya setiap bab sakit. itu knp ya dok? dan penangannya gmna?
16362 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, Y Terima kasih atas pertanyaan Anda.Fisura ani adalah suatu kondisi dimana terdapat robekan luka terbuka pada dinding anus dan dapat menyebabkan rasa nyeri dan atau muncul perdarahan. Pada fisura Ani perdarahan bisa muncul selama BAB atau bisa juga setelah BAB dengan tinja yang besar dan keras. Fisura ani bisa terjadi pada seluruh kalangan usia mulai dari bayi hingga dewasa bahkan lanjut usia.

Adapun tanda dan gejala dari fisura ani adalah sebagai berikut ini:

  • Adanya perdarahan berwarna merah terang ketika BAB
  • Nyeri ketika dan atau setelah BAB
  • Terasa panas terbakar dan atau gatal pada area anus setelah BAB
  • Adanya benjolan kecil pada anus
Beberapa hal yang dapat menyebabkan fisura ani adalah konstipasi, penyakit radang usus, kehamilan dan persalinan, diare kronis dan lain sebagainya.Terkait dengan pertanyaan Anda, selain fisura ani juga bisa disebabkan oleh penyalit lain seperti wasir, abses anus, prolaps rektum dan beberapa kondisi medis yang lainnya. Untuk itu sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis bedah terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.Usahakan Anda mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak makanna yang kaya akan serat, cukupi kebutuhan cairan Anda, lakukan olahraga, dan jaga kebersihan diri serta lingkungan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
pencernaannyeri anuswasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil