29 Nov 2020, 22:14Kulit & Kelamin

Penyakit kudis disebabkan tungau

SS
Info Penanya: SS0
Apa obat gatel2 pada kulit yg merah seperti kudis yg tiap hari gatal tdk tertahan sehingga badan saya gatal 2
899 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Hallo S, saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Gatal dapat disebabkan karena timbulnya reaksi alergi maupun karena gigitan serangga. sedangkan kulit yang merah dapat merupakan tanda radang maupun bekas garukan. bila berbentuk seperti kudis, kemungkinan penyebab gatal adalah tungau scabies.

Penyebab penyakit scabies

Sarcoptes scabiei adalah nama tungau penyebab scabies, tungau ini banyak beraktivitas pada malam hari dan menyebabkan gatal yang luar biasa terutama saat malam hari.tungau membentuk terowongan di dalam kulit sehingga timbul rasa gatal. Lokasi gatal yang paling umum dapat dirasakan di sela-sela jari, ketiak, selangkangan, dan daerah lipatan lain.Diagnosis scabies dapat ditegakkan melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik untuk menemukan tungau atau terowongan di bawah kulit denggunakan tes tinta cina. Tes dinyatakan positif bila tinta masuk ke dalam kulit dan membentuk terowongan (garis zig- zag).Orang yang tinggal bersama cenderung beresiko untuk memiliki keluhan yang sama disaat yang bersamaan. Penularan dapat terjadi melalui kontak fisik, tidur di tempat tidur yang sama, dan juga pemakaian baju atau handuk yang bergantian.

Cara mengatasi scabies

Untuk mengobati skabies, perlu dilakukan pengobatan dan pembersihan total. Pakaian, handuk, dan sprei tempat tidur pasien harus di cuci menggunakan air panas untuk mematikan tungau, kasur harus di jemur, dan seluruh anggota keluarga yang memiliki keluhan sama harus menjalani pengobatanSalah satu obat andalan untuk mengatasi scabies adalah salep scabisid.Scabisid dapat membunuh tungau scabies sekaligus telur dalam terowongan. Oleskan salep ke seluruh tubuh di malam hari kemudian cuci setelah 10 jam. Namun bayi dibawah 2 bulan, tidak dianjurkan untuk menggunakan salep ini.salep ini tidak dapat menghilangkan keluhan gatal, sehingga untuk keluhan gatal harus menggunakan obat minum, contohnya chlorphenireamine maleat.Bila keluhan masih berlanjut, kunjungi dokter.Salam sehat,dr. Evelin Kwandang
kesehatan kulitpenyakit kulitkudis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil