Apakah penyakit cacing pada kucing bisa menular?

S Info Penanya: S, Wanita, 19 Tahun
Dok apakah kucing cacing bisa menular ku kucing lain dan manusia?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SJ,

Infeksi cacingan adalah salah satu infeksi parasit yang bisa timbul karena kontak dengan benda yang terkontaminasi oleh parasit dalam hal ini cacing baik tubuh cacing ataupun telur cacing itu sendiri. Apabila hewan peliharaan seperti kucing mengalami infeksi cacing maka dapat mengontaminasi tanah dan pasti dimana apabila kucing lain bersentuhan atau kontak baik dengan kucing itu atau pada tanah dan benda yang terkontaminasi maka bisa terjadi penularan.

Begitu juga dengan manusia dimana manusia yang terkontaminasi dengan benda yang mengandung telur atau tubuh cacing bila tidak ditasi dengan baik dapat terjadi penularan baik di area yang kontak langsung ataupun apabila mengontaminsasi makanan misalnya saat sedang mengolah makanan. Jadi infeksi cacingan sendiri tidak hanya bisa menyerang kulit tapi area tubuh lain termasuk pencernaan dan gejalanya dapat berbeda-beda tergantung dari jenis cacing yang menginfeksi.

Apabila mengalami kondisi seperti rasa gatal di kulit, ada gangguan pencernaan, dan gejala lain maka perlu diperiksakan lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Penting juga untuk melakukan pengobatan bagi kucing Anda yang mengalami infeksi dan perhatikan kebersihan saat menyentuhnya, membersihkan kandang dan lainnya agar menggunakan alat pelindung diri dan juga mencuci tangan dan area tubuh lain sebelum dan setelah melakukan kegiatan tersebut. Olah juga makanan dengan bersih mulai dari saat mencuci sampai memasak hingga matang agar terhindar dari risiko penularan infeksi parasit seperti cacing. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan bila Anda digigit kucing karena bisa menyebabkan infeksi

Anda Digigit Kucing? Ini Pertolongan Pertama yang Tepat

Seperti halnya anjing, kucing juga dapat menggigit Anda yang merupakan tuannya. Jika Anda sudah digigit kucing, jangan membiarkan luka gigitannya. Perlu penanganan yang saksama agar luka tidak berujung pada infeksi.