Penyakit kelenjar tiroid apakah berdampak pada elektrolit tubuh. Dan apa terapinya?

ES Info Penanya: ES, Wanita
Apakah penyakit kelenjar tiroid bisa berdampak ke penurunan elektrolit tubuh misalnya natrium dan kalium, dan apa obatnya untuk penyakit kelenjar tiroid itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ES

Pada hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara kadar hormon tiroid dengan elektrolit. Pada kadar TSH tinggi, kadar natrium lebih rendah serta kadar Phosphat lebih tinggi. Untuk elektrolit lain seperti Kalsium, Magnesium dan Kalium juga kadarnya berbeda pada mereka dengan kadar TSH lebih tinggi. Namun keterkaitan tersebut terkait peningkatan atau rendahnya hormon Tiroid yang ekstrim. 

Namun efek gangguan tiroid yang paling dikhawatirkan bukan dari perubahan elektrolitnya. Pada kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) bisa mengakibatkan penyakit jantung, tulang yang rapuh, gangguan pada mata dan kulit serta gangguan metabolisme lainnya.

Kekurangan hormon tiroid juga bisa mengakibatkan penyakit jantung, masalah saraf, ketidaksuburan serta gangguan pada kehamilan untuk wanita. Untuk mengatasinya dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama dengan Konsultan Metabolisme dan Endokrin (KMED).

Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Ini Jawabannya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang

9 Cara Menyeimbangkan Hormon, Sudahkah Anda Lakukan?

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Cara menyeimbangkan hormon bisa dimulai dari menjaga kualitas tidur hingga pola makan.